Mastering Lagu - Hikmah Sharing

Hikmah Sharing

Share Story Music And Photography

Senin, 06 November 2017

Mastering Lagu


Mastering lagu ??

mastering audio adalah proses dimana audio yang sudah kita mixing kita sempurnakan lagi supaya menghasilkan hasil mix yang sempurna atau enak di dengar.

pada kali ini aku menggunakan aplikasi pengolah suara dari adobe, yaitu Adobe Audition CS 6 / CC 2017
 pada  adobe audition sudah dis ediakan effect atau tools unutk mastering sebuah audio, baik project multi track maupun single track.
disini aku sudah punya hasil mixing dari rekaman yang sudah aku selesaikan sebelum nya.




nah ini adlaah sample hasil recording yang sudah aku lakukan, perlu di ingat
ada beberapa hal penting yang harus di lakukan proses mastering.

mulai dari menyembingankan suara, supaya bisa seimbang antara satu dan lain nya, merapikan effect, dan setiap hasil cut cut dari audio yang sudah di rekam, supaya menghasilkan suara yang maksimal.

berikut adalah tool yang terdapat pada adobe audition



pada kasus ini aku mau mastering multi track session, jadi aku masukan effect mastering pada track master .
dari menu ini tersedia beberapa template atau preset yang sudah siap kita adjusment ulang , tapi kita juga bisa benar benar custom dari dasar, mulai dari reverb, exiter suara, wide (jarak), loudness, ataupun gain, di kolom kiri juga terdapat grafik untuk eq.

sehingga kita bisa adjust sesuai dengan ke inginan kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar